Senin, 31 Oktober 2016

invita 2016

Invita 2016

Industri visit dan Takafur alam atau biasa disebut invita adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP labschool Jakarta yang dimana siswa-siswi murid kelas 8 mengunjungi beberapa tempat yang menarik di Jogjakarta dan solo. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 19-23 oktober 2016. Pada tanggal 19 oktober hari rabu, pagi sampai siang siswa-siswi kelas delapan tidak sekolah agar bisa mempersiapkan perlengkapan dan juga tenaga untuk malam harinya berangkat ke tempat tujuan. Kelas delapan berkumpul di stasiun gambir pada pukul 17.30 untuk diberi tiket dan menunggu kereta yang akan berangkat pada pukul 20.00. gerbong dan tempat duduknya sudah ditentukan berdasarkan kelas dan absennya. Kereta untuk keberangkatan adalah kereta Argo lawu. Perjalanan lumayan lama dari Jakarta ke Jogjakarta. Siswa-siswi pun melakukan berbagai macam aktifitas di dalam kereta. Ada yang jalan-jalan mengunjungi gerbong lain, ada yang pergi ke kantin untuk membeli makan, dan ada juga yang tertidur untuk mengisi tenaga karena sesampainyadisana kita langsung melakukan kunjungan ke berbagai tempat.
Sesampainya disana, sekitar jam 3 pagi kami pindah ke bus dan melakukan perjalanan sekitar 30 menit ke suatu tempat untuk bersih-bersih, makan, dan sholat subuh. Disana, kami juga berganti pakaian yang semulanya memakai baju angkatan menjai seragam hari kamis. setelah itu, seharusnya kami mengunjungi pabrik tekstil SRITEX. Dikarenakan beberapa alesan tertentu, akhirnya terjadi perubahan jadwal dan kami pun akhirnya menuju Sabila Farm. Disana, kami diperlihatkan presentasi dan beberapa video tentang sejarah berdirinya Sabila Farm dan kami juga diterangkan tentang apa saja yang ada didalamnya. Setelah itu, kami juga diajak untuk berkeliling kebunnya untuk dijelaskan tentang beberapa spot yang menarik disana. setelah itu, siswa-siswi kembali ke bis untuk melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah ke pabrik tekstil SRITEX industy. Disana, kami mengambil dokumentasi, melihat-lihat beberapa contoh baju tentara, dan ditayangkan video yang bersangkutan. Setelah dari sana, kami diberi kesempatan untuk menuju showroomnya untuk melihat-lihat beberapa produknya dan diizikan juga untuk membelinya. Lalu kembali ke bus dan melanjutkan pergi ke tempat untuk melihat-lihat beberapa baju yang bisa dibeli disebuah toko baju. Sorenya menjelang malam, kami makan disebuah restoran dilanjutkan dengan check in hotel dan beristirahat.
Di hari kedua, saya dan teman-teman sekamar saya telat bangun dan menuju tempat sarapan masih menggunakan baju tidur sedangkan teman-teman saya semua sudah rapih dan memakai baju kelasnya masing-masing. Setelah sarapan, saya dan teman-teman sekamar saya langsung kembali ke kamar dan bersih-bersih lalu mengganti baju dengan baju kelas dan celana panjang juga berkemas barang-barang yang akan dibawa. Lalu kami semua menuju bus kelas masing-masing dan melanjutkan perjalanan menuju keraton. Disana, kami dijelaskan tentang sejarah keraton tersebut dan berfoto-ffoto di tempat tertentu. Setelah dari keraton, tujuan selanjutnya adalah pantai parangtritis. Berhubung baju kelas 8d berwarna hijau yang mitosnya tidak boleh dipakai saat berkunjung ke pantai parangtritis, akhirnya kami pun berganti baju menjadi kaos hitam. Di sana, kami dapat berfoto-foto, bermain air, bermain pasir, dan juga bermain atv juga menaiki kuda. setelah selesai bermain, kami pun menuju bus untuk bersih-bersih dan melanjutkan perjalanan menuju malioboro. Waktu yang disediakan maksimal sampai setengah 10 malam. Banyak hal yang bisa dilakukan disana diantaranya menaiki delman, belanja aksesoris, pergi ke salon, serta makan-makan. Sesudah dari malioboro, akmi pun kembali ke hotel untuk beristirahat

Di hari ketiga, seperti biasa kami dibangunkan pagi-pagi untuk sarapan sekalian check out hotel. Dihari ketiga, kami menggunakan kaos kegiatan INVITA. Kami berangkat menuju merapi untuk melakukan lava tour. Disana kami menaiki mobil jeep yang berisi 5 orang satu mobil. Setelah lava tour dilakukan, kami melanjutkan ke candi Borobudur untuk berfoto-foto dan membeli beberapa oleh oleh serta melihat-lihat pemandangan candi disana. selanjutnya, kami pun menuju tempat oleh-oleh bagi yang ingin membeli oleh-oleh tambahan. Malamnya, kami pun menuju stasiun sekitar jam 6 an dan menunggu sampai jam 8 kereta akan berangkat. Kami dijemput jam 4 pagi di stasiun gambir dan pulang-kerumah masing-masing untuk beristirahat.

Senin, 10 Oktober 2016

Pengalaman PTS 2016

Pengalaman PTS 1
PTS adalah penilaian tengah semester atau yang dulu sering kita sebut dengan UTS atau ujian tengah semester. Aslinya nggak ada bedanya sih, orang di kertasnya juga kadang tulisannya UTS, kadang PTS. Ya pokoknya PTS ini itu nilainya setara sama tugas-tugas, atau ulangan harian lainnya, tapi bedanya ini kayak di buat waktu seminggu khusus menguji mata pelajaran dengan materi keseluruhan yang udah dipelajarin di semester 1. PTS kali ini agak beda sih soalnya pas proses pembelajaran, kelas 8 ini sering ketinggalan karena banyak ‘cabut’ buat keperluan osis atau semacamnya. Pas banget sebelum mulai PTS di hari senin, pas hari sabtunya saya sama beberapa siswi lainnya wakilin paskib SMP labschool, buat lomba di sman 6. Jadi, otomatis minggu-minggu sebelum PTS yang seharusnya buat fokus ngeselesain tugas dan pemantapan materi, waktunya agak tersita sedikit jadi bisa dibilang kurang persiapan buat kali ini disbanding UTS sebelum-sebelumnya.
PTS kali ini bener-bener nggak ada nyicil materi atau belajar dari jauh-jauh hari sih. Tapi ya nyokap saya emang gak nuntut macem-macem sih yang penting jujur. Tapi kali ini agak kebantu sih karena saya udah mulai ikut les sedikit-sedikit walaupun sering gak masuk juga ya tapi seenggaknya nggak terlalu keteter. PTS kali ini ya pokoknya lebih santai dari sebelum-sebelumnya. Gak dibawa stress sama sekali sih. Hari pertama itu mata pelajarannya Bahasa Indonesia dan Agama. B.indo ada materi yang dibagi-bagi. Puisi, unsur kebahasaan, teks berita, sama teks fabel. Nah yang puisi itu bener-bener gak ada materi yang bener-bener strict ke teori. Jadi setiap pelajaran Bahasa Indonesia pas materi puisi itu keseringan dijelasin berbagai puisi atau cerita-cerita tentang yang berhubungan sama puisi. Jadi agak bingung juga sih. Tapi dikasih kisi-kisi yang jawabannya dari google jadi yang keluar ya dari google kalo buat materi puisi. Kalo Agama saya belajar ampe buat rangkuman 3 lembar yang keluar dikit bgt parah wkwk.
Di hari kedua, mata pelajarannya itu Prakarya sama Matematika. Banyak yang bilang Matematika susah bgt, tp menurut saya sih lebih susah prakarya. Tapi alhamdulilah hasilnya yang dua matpel mayan laa. Di hari itu juga, saya pulangny sore banget dari sekolah karena supir saya ada keperluan nganterin nenek saya ke rumah sakit. Jadi saya nunggu di sekolah sama tasya juga ampe keujanan. Sekitar jam 3 an saya nganterin tasya pulang dulu abis itu baru pulang. Sampe rumah, saya mandi terus makan eh malah ketiduran padahal besokannya itu pelajaran B.Inggris sama PKN. PKN materinya lumayan banyak jadi sempet pusing juga tapi akhirnya bisa sih dikejar. Tapi gak sempet belajar B.inggris karena ya biasanya soal PTS di B.inggris pengetahuan umum, bukan dari buku atau catetan. Pas hari ketiga, semuanya pada deg-degan buaty PKN. Pas udah selesai, ternyata malah susahan B.inggris tumben banget sih wkwk.

Selesai di hari ketiga, itu semua pada ketakutan karena besokannya itu mata pelajaran IPA dan Seni Budaya dimana berdasarkan pengalaman itu matpel yang paling susah dan beda banget kalo belajar suasananya antar ipa sama seni budaya jadi kyk gmn ya ribet dah. Besokannya, ya dua-duanya susah sih tapi susahan seni budaya kalo menurut saya. Hari kelima atau hari terakhir mata pelajarannya itu IPS dan PJOK. Kalau PJOK dikasih rangkumannya sih tapi kalau IPS aslii materinya banyak bgt. Terus juga pas ulangannya lumayan susah itu IPS. PJOK malah gak susah sama sekali. Tapi masa hasilnya IPS lebih tinggi dari PJOK hahah. Ya begitulah kira-kira. PTS berakhir, bahagia.

Minggu, 20 Maret 2016

ekstrakulikuler yang diikuti di SMP labschool

Ekstrakulikuler paskibra, adalah salah satu ekskul yang saya ikuti di SMP labschool jakarta selain teater, dan saman. di ekskul paskibra, kita diajarkan tentang baris-berbaris. Manfaat mengikuti ekstrakulikuler paskibra sangatlah banyak. Kegiatannya juga tidak kalah banyak. Manfaat mengikuti ekskul paskibra antara lain adalah melatih agar menjadi lebih disiplin, membubuhkan rasa cinta tanah air dan melatih mental siswa. Angkatan saya dalam paskibra bernama adhiyaksa. Ketua angkatannya adalah finka dan azka. Dalam paskibra, kita harus melewati kegiatan pelantikan agar berubah dari capasus menjadi penerus 2. Dalam pelantikan, kita menggunakan tronton saat berangkat ke tempat pelantikan. Pelantikan berlangsung selama 3 hari 2 malam. Disana, kita diajari tata makan komando, melatih kedisiplinan, harus tepat waktu, mempelajari beberapa materi tentang kedisiplinan dan kepemimpinan, dan kita juga dilatih mentalnya. Saat pelantikan, kita digabung dengan pasukan dari labschool cibubur dan labschool kebayoran. Tujuannya adalah agar lebih bersemangat, dapat bersosialisasi, dan makin solid. Saat pelantikan, kita harus menghormati senior, dan menepati beberapa peraturan paskibra. Pelantikan sangatlah melelahkan tetapi semua rasa lelah itu hilang ketika kita dilantik dan mendapat lencana harian atau LH dan baju PDL. setelah melaksanakan kegiatan pelantikan, kita resmi menjadi anggota paskibra Labschool.  Latiannya dilakukan setiap hari senin biasanya sepulang sekolah.
Selain PASKIBRA, saya juga mengikuti ekskul teater. Di ekskul ini, kita dapat memerankan peran dalam drama, dan dapat juga menjadi tim produksi. Tim produksi adalah tim yang menyukseskan pementasan teater. tim produksi dibagi menjadi beberapa bagian-bagian. Ada make up dan costume, ticketing, artistik, dll. Di ekskul teater, kita dilatih kekompakan. Orang yang melatih teater juga sangat menyenangkan. Event pementasan teater antara lain adalah event di auditorium dan FTA atau festival teater anak. Di ekskul teater, siswa dapat mengembangkan segala macam bakat yang mereka miliki mulai dari bermusik, ber ekting, puisi, dll. Latian teater dilaksanakan setiap hari sabtu biasanya. Selain teater, saya juga mengikuti ekskul saman. di ekskul ini kita membutuhkan kekompakan yang sangat tinggi. Tari saman memerlukan tingkat fokus yang sangat tinggi agar menciptakan keindahan dalam tarian tersebut. Latiannya setiap hari jumat biasanya sepulang sekolah.

laporan pelantikan pramuka labschool 2016

PELANTIKAN PRAMUKA

Siswa kelas 7 smp labschool Jakarta melaksanakan kegiatan pelantikan pramuka penggalang ramu pada sabtu, 27 februari 2016. Saat kegiatan pramuka, kita disuruh membawa perlengkapan antara lain memakai seragam pramuka lengkap dengan kacu, membawa tongkat pramuka dan dicet berwarna kuning dibagian atas dan bawah dengan panjang 30 cm dan warna merah dibagian tengah tongkat, bekal makan siang, minum, tali kur merah beserta peluitnya, tali pramuka putih, topi pramuka, bendera semaphore, dan buku SKU. Kita juga disuruh menghafal beberapa lagu, dasadarma, dan trisatya.  Sekitar jam 6.03 saya berangkat dari rumah dan memakan waktu sekitar 20 menit menuju sekolah. Saat itu, tongkat pramuka saya tertinggal di rumah. Sesampainya disekolah, saya langsung menelpon rumah dan meminta untuk mengantarkan tongkat saya yang tertinggal. Sekitar jam 6.30, seluruh siswa melaksanakan apel keberangkatan. Disertai dengan pidato sambutan dan beberapa hal yang ingin disampaikan oleh beberapa pimpinan sekolah dan pak dedi. Sekitar pukul 6.50, tongkat saya diantar oleh supir saya. Setelah lengkap, pukul 07.00 siswa berjalan menuju tronton masing-masing sesuai dengan yang sudah dibagikan. Satu tronton berisi kurang-lebih 3-4 regu. Perjalanan menuju lokasi studio alam TVRI di cilodok kurang lebih 1 jam. Setelah sampai dilokasi, tronton diparkirkan diluar kawasan lalu kita membawa barang bawaan dan tongkat menuju lapangan apel. Setelah sampai dilapangan apel, kita diberi waktu untuk mengatur barisan lalu duduk untuk istirahat sejenak. Kamudian kita diberi beberapa informasi untuk kegiatan berikutnya. Ketua regu dipanggil dan diarahkan mengenai kegiatan yang akal dilaksanakan selama pelantikan untuk disamaikan ke anggota regu masing-masing.  Pertama yang harus kita lakukan adalah berdiskusi permasing-masing regu untuk mengerjakan beberapa soal tentang pengetahuan umum yang berhubungan dengan pramuka. Setelah itu, kertas dikumpulkan ke Pembina, kak tris. Setelah itu semua regu dikumpulkan di lapangan dan diperintahkan untuk berdiri berurutan sesuai urutan lalu melanjutkan ke pos berikutnya. Selama perjalanan per regu menuju pos berikutnya, siswa diarahkan dengan mengikuti jejek yang sudah ditandai dibeberapa pohon. Di pos tersebut, kita disuruh menyebutkan trisatya dan dasadarma. Di pos berikutnya, kita diajarkan huruf alphabet menggunakan bendera semaphore lalu kita disuruh menjawab pertanyaan yang berupa kata-kata menggunakan bendera semaphore. Setelah itu, kita lanjut ke pos berikutnya yaitu kita disuruh membuat tandu menggunakan dua bamboo yang sudah tersedia dan menggunakan tali pramuka yang masing masing orang bawa. Setelah selesai merakit tandu, kita menunjuk satu orang dari regu untuk dibawa diatas tandu. Setelah itu kita diberi arahan oleh kakak Pembina untuk membawa salah satu orang dari regu diatas tandu dan bayangkan bahwa orang tersebut sedang mengalami luka dan kita harus melewati beberapa rintangan. Dengan kerjasama dan kekompakkan regu saya dapat melewati rintangan dengan baik dan tidak menjatuhkan orang yang berpura-pura sedang sakit dan dibawa oleh tandu yang sudah dibuat. Setelah selesai, kita balik ke lapangan awal. Selama perjalanan ke lapangan, kita berhenti ditengan jalan untuk menyegarkan tenggorokan dengan membeli minuman segar. Setelah itu kita melanjutkan ke lapangan. Sesampainya dilapangan, kita dilatih beberapa gerakan PBB menggunakan tongkat. Setelah itu kita diperbolehkan duduk sambil menunggu regu lain melaksanakan PBB. Setelah semua selesai PBB, masing-masing anggota regu diinformasikan untuk mengumpulkan SKU untuk ditandatangani. Sekitar waktu zuhur, kita melaksanakan solat zuhur dan istirahat. Kemudian makan siang menggunakan tikar dan memakan bekal sendiri-sendiri. Ada juga yang jajan tahu, eskrim, bakso dll. Setelah selesai, kita menggulung tikar dan bersih bersih sampah. Lalu kita disuruh baris perregu berhadap-hadapan dan melaksanakan gladiresik upacara pelantikan. Setelah gladiresik, kita melaksanakan upacara pelantikan sekalian penyematan nomor gudep. Lalu  disampaikan beberapa informasi, menampilkan kembali regu yang telah memenangkan lomba semaphore, dan diberi tugas untuk pertemuan pramuka selanjutnya. Sekitar pukul 15.25 siswa dibubarkan dan menuju tronton masing-masing. Sekitar pukul 16.30, siswa sampai di Labschool dan pulang kerumah masing-masing

laporan SAKSI

Laporan saksi 2016
  Saksi merupakan kegiatan studi dan apresiasi kepemimpinan siswa indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya oleh SMP Labschool Jakarta. Kegiatan SAKSI ini melatih kepemimpinan dan kemandirian siswa. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa SMP Labschool Jakarta. Pada tahun 2016, kegiatan ini dilaksanakan di Gunung Bunder. Sebelumnya, kita melaksanakan kegiatan prasaksi selama tiga hari. Dihari pertama, kita diberi beberapa informasi oleh kakak OSIS tentang apa saja yang harus dibawa dan dilakukan selama kegiatan prasaksi mulai dari informasi pengecatan tongkat, jadwal selama praSAKSI dan SAKSI, juga briefing perkelompok sesuai dengan yang sudah dibagikan, pemilihan ketua dan wakil, pemilihan peragaan busana, dan penentuan tampil pensi. Di hari kedua, kita mulai membuat vandel untuk identitas kelompok, mengecat 2 tongkat untuk masing-masing kelompok, dan latian PBB. Di hari ketiga, kita sudah mulai mempersiapkan untuk pensi, peragaan busana, pengecekan vandel dan tongkat, juga mendapat materi dari BNN. Pada jumat, 5 Februari 2016 kita berangkat ke lokasi menggunakan tronton. Kita menggunakan baju pramuka. Satu tronton berisi kurang lebih satu kelas dipisah antara putri dan putra. Di perjalanan, tronton 7C putri sempat mogok saat ada tanjakan. Lalu kita menumpang di tronton 7F putra sampai ke tempat lokasi. Sesampainya di Gunung Bunder, kita membawa barang bawaan kita masing-masing ke lapangan. Di sana, kita diberi beberapa informasi tentang tempat-tempat untuk beribadah, beristirahat, dll. Di sana kita juga dilatih baris-berbaris, tiarap, mengikuti perintah, dan dibagi kelompok per pleton. Setelah itu, kita diberi waktu menuju barak atau tempat beristirahat untuk meletakan tas dan barang bawaan. Lalu , kita melaksanakan sholat zuhur dan makan siang. Kemudian kita jalan menuju aula untuk mendapatkan materi tentang ular. Banyak informasi menarik dan penting yang bisa kita dapat. Malamnya, kita melaksanakan makan komando dan sholat. Lalu kita mendengarkan materi dari TNI tentang kepemimpinan. Setelah selesai, kita diberi waktu untuk beristirahat dan tidur. Hari kedua, kita bangun dan melaksanakan solat subuh dan sarapan. Setelah itu, kita bersih-bersih dan mengganti pakaian dengan baju saksi dan menjalankan outbound. Setelah selesai outbound, kita pergi ke curug pangeran. Kemudian, balik ke barak dan bersih-bersih. Setelah itu kita melaksanakan makan, solat, dan pensi. Setelah selesai, semua tidur. Keesokkan harinya, kita berkumpul dilapangan sambil membawa barang bawaan dan foto-foto. Lalu berjalan ke tronton masing-masing dan berangkat ke labschool. Sesampainya di labschool murid dijemput oleh orangtua masing-masing dan kembali ke rumah masing-masing.